UPACARA PERINGATAN HUT KE-72 POMAL TAHUN 2018

Current Articles | Categories | Search | Syndication

Monday, July 9, 2018
WADAN LANTAMAL X HADIRI KUNJUNGAN ATASE PERTAHANAN NEGARA SAHABAT
By PenLantX @ 12:17 PM :: 14 Views
 
 

Dalam sambutannya Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit mengatakan kami sangat bangga mendapat kunjungan dari Para Atase Pertahanan Negara Sahabat yaitu: Kanada, Amerika, Swedia, Myanmar, Perancis, Nigeria, Brazil, Australia, China, Rusia, Timor Leste, Jepang, Papua New Guinea, Brunei, Kamboja, Laos, Thailand, Korea Selatan, Philipina dan United Kingdom yang terdiri dari Inggris, Wales, Skotlandia, Irlandia Utara guna mempererat hubungan antar negara-negara sahabat. Pada pelaksanaan tugas di lapangan Kodam XVII/Cenderawasih melaksanakan operasi militer selain perang antara lain melaksanakan pengamanan wilayah Perbatasan RI-PNG, membantu Pemda dalam percepatan pembangunan di daerah, membantu penanggulangan bencana alam, membantu Polri dalam menciptakan Kamtibmas, melaksanakan pembinaan teritorial (Binter) dengan melakukan Bhakti TNI meliputi : pengobatan massal, mengajar di daerah pedalaman yang kekurangan guru, memberikan pendampingan kepada petani untuk meningkatkan hasil pertanian, perikanan dan peternakan.

Kodam XVII/Cenderawasih juga membantu pembangunan rumah masyarakat, tempat ibadah, jamban, jembatan dan infrastruktur pembangunan jalan Trans Papua khususnya di wilayah pegunungan untuk membuka isolasi masyarakat di wilayah pegunungan. Selain itu juga berperan untuk membuka lahan pertanian di wilayah Jayapura, Keerom, Nabire, Merauke dan Mappi, membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, katanya.

Sementara itu Perwakilan dari Atase Perhanan mengatakan, menjabat sebagai atase pertahanan di Indonesia, tugas kami adalah untuk memahami TNI dan aparat keamanan di Indonesia agar dapat menjelaskan perannya kepada para pemimpin pertahanan dan pemerintahan kita. Kesempatan seperti ini untuk dapat bertemu dengan pemimpin militer, adalah penting untuk dapat saling bertukar informasi dan pengalaman agar kita dapat menjembatani informasi secara akurat untuk Indonesia kepada pemerintahan negara asal kami. Kesempatan untuk mengunjungi berbagai daerah di Indonesia untuk mendapatkan pengalaman budaya dan mencicipi makanan tradisional adalah salah satu kegiatan yang sangat kami nikmati. Suatu kegiatan profesional yang sangat penting dan juga menyenangkan. Salah satu bagian terbaik dari pekerjaan kami adalah kesempatan untuk mendapatkan teman dan pengalaman baru, dengan ini saya ucapkan terima kasih untuk kesempatan yang diberikan hari ini, katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pangdam XVII/Cenderawasih, Kapolda Papua, Kasdam XVII/Cenderawasih, Wadan Lantamal X. Danlanud Jayapura, Irdam XVII/ Cenderawasih, Para Staf Ahli Pangdam, Para Asisten dan Kabalak Kodam XVII/Cenderasih, serta Para Atase Pertahanan Negara Sahabat dan Rombongan.