UPACARA PERINGATAN HUT KE-72 POMAL TAHUN 2018

Current Articles | Categories | Search | Syndication

Wednesday, January 10, 2018
KOMANDAN LANTAMAL X MENGHADIRI ACARA DO'A DAN PUASA BERSAMA TOKOH LINTAS AGAMA DALAM RANGKA MENSUKSESKAN PILKADA DAMAI DAN DEMOKRATIS DI PROPINSI PAPUA
By PenLantX @ 11:45 PM :: 54 Views
 
  

Dalam amanatnya Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjend TNI George E. Supit S.Sos, mengatakan sebagaimana kita pahami bersama, saat ini kita sudah memasuki tahun yang baru, yaitu tahun 2018. Tahun ini menjadi sangat penting karena tahun 2018 menjadi tahun politik dimana pada tahun ini kita akan melaksanakan pilkada serentak yang akan dilaksanakan ditingkat provinsi dan juga ditujuh Kabupaten. Oleh karena itu pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin menyampaikan kepada para tokoh lintas agama yang berkesempatan untuk hadir pada pagi hari ini, bahwa TNI berkewajiban untuk memberi jaminan ketertiban, keamanan dan keselamatan masyarakat dalam memperoleh dan menyalurkan hak-hak politiknya tanpa mengabaikan dan mengorbankan prinsip netralitas TNI. selaku pimpinan TNI di wilayah provinsi Papua, saya tegaskan bahwa sesuai UU RI No. 34 tahun 2004, TNI wajib bersikap netral dan tidak berpolitik praktis, berarti TNI tidak akan berpihak kepada salah satu pasangan calon yang mengikuti pilkada.

Dalam undang - undang No. 34 Tahun 2004 di sebutkan bahwa tugas pokok TNI itu pada prinsipnya ada Tiga, yaitu pertama menegakkan kedaulatan negara, kedua mempertahankan keutuhan wilayah dan ketiga, melindungi segenap bangsa  dan seluruh tumpah darah indonesia dari ancaman dan gangguan. Adapun tugas pokok tersebut dilaksanakan melalui operasi militer untuk perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP). Dalam pelaksanaan operasi militer selain perang, ada empat belas tugas yang dapat dilaksanakan oleh TNI, termasuk di dalamnya adalah tugas untuk membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam  rangka tugas keamanan dan ketertiban.    

Hadir dalam acara tersebut Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, M.H, Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjend TNI George E. Supit, S. Sos, Danlantamal X Jayapura Kolonel Marinir Ipung Purwadi, Danlanud Jayapura Kolonel Penerbang M. Yani Amirullah, sekertaris daerah provinsi Papua T.E.A Hery Dosinoen., M.KP, Asisten 2 sekda Provinsi Papua Elia I Loupatty, , ketua   FKUB Papua Pdt. Lipiyus Biniluk serta tokoh lintas agama se-propinsi Papua.

Demikian berita dari Dispen Lantamal X Jayapura.